Minggu, 08 Oktober 2017

RAMALAN PENJUALAN


A. Pengertian Ramalan Penjualan

Ramalan adalah proses aktivitas meramalkan suatu kejadian yang mungkin terjadi di masa mendatang dengan cara mengkaji data yang ada. Penjualan artinya proses menjual. 

Ramalan Penjualan merupakan proses aktivitas memperkirakan produk yang akan dijual di masa mendatang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data yang pernah terjadi atau yang mungkin akan terjadi. 

B. Teknik Ramalan Penjualan

Teknik membuat ramalan penjualan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

1. Metode Kualitatif

Teknik membuat ramalan penjualan secara kualitatif bisa menggunakan metode pendapat yang antara lain pendapat para tenaga penjualan, pendapat para manajer divisi penjualan, pendapat juri dari eksekutif, pendapat para pakar, dan pendapat survei konsumen. 

Ramalan penjualan secara kualitatif biasanya digunakan untuk perusahaan yang baru berdiri dan belum mempunyai data kuantitatif yang lengkap. Metode ini bersifat subjektif, tidak seobje.ktif ramalan penjualan secara kuantitatif.

2. Metode Kuantitatif

Teknik membuat ramalan penjualan secara kuantitatif antara lain dengan menggunakan beberapa teknik sbb:

· Analisis Lini Produk

Mencangkup keputusan sementara tentang jalur produk baru yang akan diperkenalkan, jalur produk lama yang akan dihapus,serta inovasi dan produk campuran. 

Lebih lanjut akan membahas tentang penyusunan anggaran variabel perusahaan dengan pokok bahasan manfaat metode penentuan harga produk variabel dalam pengambilan keputusan meningkatkan produk tertentu.

· Metode Distribusi Probabilitas

Dapat digunakan untuk meramalkan jualan dengan cara menaksir variasi produk yang akan dijual.

· Analisis Tren

Analisis tren merupakan salah satu metode statistik yang mudah digunakan dalam meramalkan penjualan. Analisi tren juga merupakan analisis runtut waktu atau data berkala sebagai variabel bebas.

· Analisis Regresi

Analisis regresi juga termasuk dalam metode statistic untuk meramalkan penjualan. Terdiri atas regresi sederhana dan regresi berganda.

C. Tujuan Ramalan Penjualan

Menurut pendapat dari Jay Heizer dan Barry Render ( 2006 ) tujuan dari ramalan penjualan adalah sebagai berikut:

1. Untuk mendapatkan informasi perusahaan yang berlaku saat ini dan dimasa lalu serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang.

2. Ramalan penjualan dibutuhkan ketika ada delay di perusahaan.

3. Berguna untuk penyususan rencana bisnis agar efektif dan efesien.

D. Manfaat Ramalan Penjualan


1. Menambah kemampuan perusahaan untuk mengadakan pengawasan informasi kegiatan-kegiatan tertentu atau memperbaiki proses pemberian laporan.

2. Memungkinkan timbulnya team work diantara pimpinan.

3. Memungkinkan di buatnya jadwal – jadwal pembelian, produksi, budget penjualan dan budget alokasi pengeluaran sehingga di peroleh pedoman dasar bekerja yang relatif lebih tepat.



PENGANGGARAN PERUSAHAAN
DOSEN: NURHIDAYAH S.E., M.M
DUWI LESTARI (15101252)
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ASIA MALANG
2017